REMAP ITU APA SIH?

 

Setahun belakangan di group IC MODIFICATION, sedang banyak dibahas tentang ECU remap. Banyak anggota INNOVA COMMUNITY yang beralih dari piggyback ke ECU remap. Sebenarnya apa sie ECU remap?.

“Pada dasarnya Remap ECU merupakan kalibrasi ulang atau setting ulang program ECU mobil”, Menurut Albert, tuner dari bengkel Alecon yang kebetulan juga salah satu anggota Innova Community .

Sebelum mengenal Remap atau beberapa orang menyebut Reflash, untuk setting ECU teman-teman IC biasa menggunakan piggyback , semacam ECU tambahan yang bekerja bersamaan dengan ECU kendaraan.  Piggyback yang biasa dipakai seperti  Dastek Unichip, emanage ultimate ataupun SAFC dan belakangan ini mulai banyak yang menggunakan Monmax.

Dikarenakan beberapa keterbatasan yang dimiliki oleh Piggyback, salah satunya yaitu pada kondisi tertentu akan membuat peringatan Check Engine aktif. Saat ini banyak anggota INNNOVA COMMUNITY yang beralih ke remap ECU.

Remap ECU dan Piggyback pada dasarnya bekerja dengan cara yang sama, merubah parameter  ECU. Hanya saja pada piggyback kita memerlukan unit tambahan berupa piggybacknya sendiri. Piggyback bekerja dengan memanipulasi input ECU dari sensor ataupun output ECU. Sedangkan remap ECU, manipulasi data sudah dilakukan di dalam unit ECU nya sendiri, sehingga tidak memerlukan perangkat tambahan.

Karena remap dilakukan langsung ke ECU, parameter yang dapat di setting juga lebih banyak dan lebih luas jika dibandingkan dengan piggyback, sehingga resiko untuk check Engine semakin kecil. Kurang lebih hampir sama dengan apabila kita memasang stand alone ECU seperti MOTEC ataupun HALTECH.

Faktor Keamanan remap

Dari Segi hardware, remap akan jauh lebih aman dari piggyback, karena remap tidak perlu alat tambahan yang biasanya dipasang dengan cara jumper kabel ECU yang dapat menimbulkan resiko korslet atau sambungan putus, walaupun ada beberapa piggyback sudah menyediakan instalasi  socket to socket.

Dari segi Software, piggyback sedikit lebih aman, karena program di ECU tidak ada yang di utak-atik. Sedangkan remap, tuning langsung di chip EEPROM ECU, sehingga selalu ada resiko gagal. Kegagalan saat remap bisa berupa softbrick , berupa kegagalan proses load firmware bisa diatasi dengan cara reload firmware. Atau bisa juga berupa hardbrick, apabila remap mengakibatkan rusaknya chip EEPROM,  cara mengatasinya hanya dengan mengganti CHIP nya.

Untuk itu, bagi yang ingin melakukan remap, pastikan lakukan di bengkel  atau tuner  yang bersertifikat resmi, karena biasanya mereka sudah mendapatkan pelatihan dari penyedia alat remap. Dan juga pastikan keaslian software remap yang digunakan.

IC Racing team biasa melakukan remap dengan menggunakan Alientech Itali di Garage Autowerks, yang merupakan distributor resmi Alientech di Indonesia, sehingga keaslian dan keahlian tunernya sudah tidak diragukan lagi.

Kapan kita perlu remap

Pada prinsipnya, electronic tuning merupakan final tune, dilakukan pada tahap akhir tuning setelah mekanikal tune selesai dilakukan, agar bila nantinya ada rubahan lagi tidak perlu tuning ulang yang akan menambah biaya.

Berapa biayanya

Mayoritas bengkel-bengkel tuning, untuk remap mematok harga di kisaran 3,5 sampai dengan 4,5jt Rupiah untuk sekali tuning.  Apabila tuning dengan dyno, biasanya ada tambahan 1-1,5jt Rupiah.

Salah satu yang menurut saya sisi minus dari remap adalah dari segi biaya, kalau kita hitung secara ekonomis, misalkan kita pasang dastek unichip, unit 2nd dastek Q+ sekitar 5jt ditambah ongkos pasang dan tuning sekitar 2jt. Apabila mobil akan kita jual, dastek bisa kita pindah atau kita jual kembali, secara ekonomi kita hanya “rugi” 2 jt ongkos tuning. Sedangkan remap, hasil remap tidak bisa di pindah atau di tukar, kecuali kita pakai ECU sendiri yang khusus remap.

 

Jadi… pilih mana?mau remap atau piggyback?

 

Kalau kata orang Batak, “mobil aing kumaha aing” (mobil saya terserah saya)

 

Sampai sini dulu bahasan tentang remap.. nanti kita sambung lagi

Mang enthis undur diri, adios amigos. -490-

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: